Starry Starry Night: Sebuah lagu untuk penderita Bipolar Disorder.

21:12

Saya sedang berselancar di google ketika membaca salah satu tulisan mba Vindy Ariella tentang sebuah lagu yang berjudul Vincent (Starry starry night). Saya ingat dulu pertama kali saya mendengarkan lagu itu ketika saya masih dduduk di bangku sekolah menengah atas, ketika itu saya mendengarkan versi Josh Groban. Dan kemarin mba Vindy Ariella menjelaskan dalam tulisannya bahwa lagu Vincent (Starry Starry Night) yang diciptakan dan dinyanyikan pertama kali oleh Don Mclean ini ditujukan untuk seorang seniman dunia; Vincent Van Gogh.

Dulu saya kira lagu ini adalah tentang kekaguman si penulis dengan bintang di malam hari. Ternyata lebih dari itu, ada sebuah makna yang mendalam dari sebuah tragedi kehidupan yang ditujukan untuk sang maestro Vincent Van Gogh. Van Gogh dikenal sebagai seniman yang memiliki sejenis gangguan mental. Ia kerap merasakan kesepian, gundah serta mempunyai temperamen yang tinggi, bahkan ia pernah memotong telinganya sendiri akibat gangguan mental ini, ya gangguan mental yang kini disebut Bipolar Disorder. Sebagai seorang seniman, hidupnya berakhir menyedihkan. Setelah ia berjuang bertahun tahun melawan bipolar akhirnya ia memutuskan menyerah dan mengakhiri hidupnya sebelum ia mengetahui bahwa kelak karyanya akan menyihir jutaan manusia di dunia fana ini.

Lagu ini menyihir saya, dan mengingatkan saya akan diri saya sendiri. Entahlah seperti ada koneksi yang kuat seperti apa kata mba Vindie Ariella


"Now I understand 

What you tried to say to me 

How you suffered for your sanity 
How you tried to set them free 
They did not listen, They did not know how 
Perhaps they'll listen now 


For they could not love you 

But still your love was true 

And when no hope was left insight 
On that starry, starry night 
You took your life as lovers often do 
But I could have told you Vincent 
This world was never meant for one as 
beautiful as you"




Salam,

Naaj

You Might Also Like

2 comments

  1. I always love this song, always listen to it whenever i'm feeling down.
    and about bipolar, don't ever feel alone. you got company.

    ReplyDelete