Daily Journal | Tentang Rumah

18:05


one of my favorite spot in my house


Cari rumah seperti cari jodoh?

Ah, i couldnt agree more!

Jadi setelah hampir 2,5 tahun kesana kemari, sempat ngekost di cikoko, sewa flat di tebet sampai sewa rumah di bekasi pada akhirnya tahun ini alhamdulillah kebeli rumah yeay!

Jadi saya mau cerita nih tentang proses pencarian rumah yang sempat bikin kami pusing dan perjuangan kami cari rumah sangat tidak mudah. Tapi benar loh ternyata kata orang yang bilang cari rumah itu kaya cari jodoh, jadi cocok-cocokkan harus pas dihati dan yang penting pas di dana sih hehe.

Jadi kurang lebih satu setengah tahun yang lalu kami mulai berpikir untuk membeli rumah, suami saya paling concern masalah rumah karena dia ga mau sewa rumah kelamaan atau numpang sementara di rumah mertua. Rumah untuk kami menjadi hal yang sangat penting karena bukan hanya sebagai tempat dasar membangun karakter dan emosional tetapi juga merupakan tempat pulang yang nyaman dalam kondisi apapun. Maka dari itu saya bersemangat sekali ketika suami saya mengajak untuk survey tentang harga rumah dan lokasinya.

Jadi  kami mulai deh perburuan kami dengan browsing di internet, datang ke pameran-pameran property dengan untuk mengumpulkan brosur tentang harga juga lokasi perumahan di jabodetabek. Dan tidak dipungkiri ya harga rumah di Jabodetabek pada 2 tahun terakhir memang naik nya luar biasa, bisa 100%. bayangkan saja ada rumah seluas 70m dengan harga satu milyar lebih, waw!  sekalipun ada yang terjangkau tapi ya di daerah sangat minggir sekali tanpa fasilitas yang memadai dan dengan kualitas bangunan yang kalau saya bilang sekali ketok langsung retak. Melihat fenomena harga yang tidak wajar itulah yang pada akhirnya mengurungkan niat kami beli rumah di Jabodetabek dan mengalihkan pilihan kami pada kota Bandung dan sekitarnya yang harganya masih masuk akal.




Tapi ternyata setelah survey di bandung akhirnya kami pun membatalkan rencana membeli rumah disana. Pertimbangannya Karena agak berat buat saya dan suami untuk pisah kota dan hanya bertemu setiap sabtu minggu, lagi juga kasian Kinandari kalau cuma seminggu sekali ketemu ayahnya. Sempat berhenti tuh survey sana sini, karena udah hopeless. Tapi akhirnya kami semangat lagi buat cari rumah. Selain karena kehadiran kinandari, pertimbangan kami juga karena udah cape pindah sana sini.

Akhirnya dengan modal nekat, dana di tabungan yang seadanya dan pemikiran "kalau pusing masalah harga melulu kapan belinya? mau ngontrak terus emangnya? nanti duit habis!" kami pada akhirnya nekat memutuskan membeli sebuah rumah dengan luas 104m di daerah Galaxy, bekasi.  Kami milih bekasi karena selain posisinya ditengah-tengah dekat Jakarta dan bandung -ini penting karena sebulan sekali kami pasti ke Bandung mengunjungi orang tua dari suami- juga karena harga rumah nya alhamdulillah masih tergolong reasonable.

Kami bersyukur banget karena akhirnya bisa menemukan rumah yang tepat untuk kami. Kaya ketemu jodoh aja, semua langsung dilancarkan sama Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak kita memiliki rumah itu maka ya jadilah rumah itu milik kita walaupun pada awalnya ada sedikit rasa kesulitan dengan harganya, tapi yakin deh kalau udah jodoh mah pasti Tuhan akan melancarkan rezeki kita untuk memilikinya.

sekadar tips saja, kalau mau membeli sebuah rumah selain lihat dana juga lihat lokasinya, saya keukeuh mau di Bekasi karena memang dekat dengan Jakarta dan Bandung selain itu juga fasilitas seperti sekolahan, rumah sakit, pusat perbelanjaan, pasar dll itu sangat lengkap di tempat tinggal saya jadi tidak perlu jauh-jauh kalau ada keperluan. Tidak perlu ngoyo juga untuk membeli rumah karena kalau memang sudah rejekinya pasti bisa kebeli. Perhatikan juga track record developernya, ini termasuk penting biar kedepannya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Jadi gimana, sudah ada rencana untuk membeli rumah juga? atau pernah punya pengalaman yang seru tentang perncarian rumah? yuk share sama-sama di kolom komen. Cheers.

Regards,

Naaj

You Might Also Like

2 comments

  1. wahh mbak naaj ga terlalu jauh dari daerahhkuuu..entah knapa bahagia pas tau ada blogger yang tinggal di Bekasi juga. Kalau memang rejeki dan jodoh pasti dilancarkan ya mbak termasuk urusan membeli rumah :)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mona!! Kemarin blowgwalking ke blog mu, seruuu banget

      Wah bekasi juga hihi samaan dong kita

      Delete