Taman suropati – Jakarta need more city parks

00:21


Why do Jakarta need more city parks and open space? of course for me to improve our physical and psychological health, strengthen our communities, and make our cities and neighborhoods more attractive places to live and work. 

Saya mencintai Jakarta dengan segala kelelahan dan keserabutannya, akan sangat menyenangkan jika setelah seharian lelah bekerja kemudian bisa berjalan kaki untuk mampir sejenak ke taman dan menikmati sore dengan damai, tetapi sayang Jakarta masih miskin akan pemandangan hijau. Dulu, sangat sulit menemukan ruang hijau terbuka di Jakarta yang nyaman, kalaupun ada taman biasanya they’re not taken proper care of, or they’re not safe for people to enjoy anymore karena ada preman, kotor dan (maaf) bau pesing dimana mana. Maka dari itu banyak orang memilih pusat perbelanjaan sebagai tempat bertemu dan santai mereka.


Beberapa tahun terakhir ini saya lihat gaya hidup pun mulai bergeser, segala sesuatu yang sehat dan hijau menjadi tren. Bersyukur pula bahwa pemerintah mulai menggalakkan untuk membuat ruang hijau terbuka di Jakarta, perlahan orang orang memilih taman sebagai tempat hang out yang ekonomis, menyenangkan dan menyehatkan. Di taman biasanya kita bisa bersantai saat sore maupun pagi hari bahkan olahraga. Saya termasuk penggemar taman kota dan suka menghabiskan waktu di taman sekedar mengobrol atau membaca buku atau olahraga.
Salah satu taman favorit saya adalah Taman Suropati yang terletak di daerah Menteng Jakarta Pusat. Taman ini selalu ramai dengan kegiatan yang menyenangkan, saya pernah mengikuti malam puisi Jakarta yang diadakan di taman ini. Kalau malam minggu biasanya ada banyak kegiatan musik disini, salah satunya yang saya ingat adalah tribute to The Beatles, semalaman saya dan suami hanyut mengikuti alunan lagu-lagu the Beatles yang dibawakan ulang oleh musisi jalanan.







Dibandingkan pergi ke pusat perbelanjaan dan menghabiskan uang yang seyogyanya bisa saya tabung untuk nanti digunakan pada saat urgent, saya lebih memilih pergi ke taman bersama suami dan menghabiskan senja bersama dengan mengobrol sambil olahraga.  Menyenangkan melihat taman di jakarta kini bermunculan dan banyak warga yang menikmatinya, saya jadi teringat salah satu buku yang menceritakan tentang taman Wilhelmina di Batavia. Wilhelmina park adalah salah satu taman yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda di abad 19 dan terkenal sebagai salah satu taman terluas yang pernah ada di Batavia, dulu taman ini berlokasi di depan gereja katedral Jakarta, sekarang sih taman ini sudah digantikan dengan bangunan Masjid Istiqlal, taman Wilhelmina ini juga  salah satu tempat tamasya favorite bagi pejabat-pejabat Kompeni dan tuan tanah yang menetap di sekitar Weltevreden. 
Willhelmina park di Batavia (Jakarta) pada masa kependudukan Belanda

Jaman dulu pun pemerintah sudah concern dalam pembangunan taman untuk meminimalisir kepenatan warga, walaupun Batavia dulu sepertinya tidak sepenat Jakarta sekarang yah. Apalagi sekarang ketika Jakarta sudah dipadati banyak pendatang hingga saya pun merasakan tingkat stress karena pekerjaan, tuntutan hidup dan polusi kian menjadi. Sudah saatnya pemerintah lebih banyak lagi membuat ruang hijau terbuka untuk warga Jakarta.
Regards,
Naaj

You Might Also Like

0 comments